Santunan

Program Santunan atau Program Santunan Anak Asma secara umum adalah kegiatan rutin berupa bantuan pemeriksaan dan obat-obatan yang disasarkan untuk membantu anak dan remaja khususnya dari keluarga prasejahtera. Program ini bekerjasama dengan para dokter dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Bagian Ilmu Kesehatan Anak FKUI.

Dalam pelaksanaannya, Program Santunan Anak Asma menggunakan sistem pelayanan 6 bulanan (satu semester) yang disebut Sistem Paket Santunan Anak Asma. Sistem ini selain untuk meringankan biaya pengobatan bagi pasien asma juga untuk mempermudah para donatur dalam berpartisipasi dalam program dimaksud.

Sekedar gambaran: Seorang donatur dapat menyantuni 1 (satu) orang pasien asma anak/remaja dalam Sistem Paket 1 ( enam bulan/semester pertama). Selanjutnya jika donatur hendak meneruskan bantuan maka donasi dapat dilanjutkan dengan Sistem Paket 2 ( enam bulan selanjutnya/semester kedua) begitu seterusnya.

Hingga sejauh ini sejumlah nama pengurus, anggota masyarakat maupun organisasi telah mendanai pembiayaan pengobatan bagi para pasien asma anak/remaja dan menjadi anggota Donatur Paket Santunan Anak Asma. Kendati demikian, masih tingginya jumlah pasien asma anak/remaja dari kalangan keluarga prasejahtera mengakibatkan masih banyaknya anak dan remaja dengan asma ini yang belum tertangani dengan pengobatan yang maksimal. Mereka inilah yang membutuhkan uluran tangan para donatur untuk mengobati penyakitnya sehingga mereka dapat tumbuh berkembang dengan optimal sehingga kualitas hidupnya menjadi lebih baik.

Dalam Program Santunan Anak Asma ini yayasan berperan untuk memberikan bimbingan dan edukasi, memberikan obat yang tepat dan sesuai jadwal, mendatangi rumah anak santunan untuk diberikan pemahaman bagaimana membersihkan rumah agar bebas debu hingga pemberian obat asma yang dibutuhkan tanpa dipungut biaya (gratis). Para dokter yang terlibat dalam program kegiatan ini secara intensif memeriksa dan memonitor secara rutin dan seksama.

Program Santunan Anak Asma telah dilaksanakan sejak sepuluh tahun terakhir. Hingga saat ini setidaknya 500 pasien asma anak dan remaja telah mengikuti program rutin tahunan ini. Saat ini beberapa anak santunan yayasan kami telah beranjak dewasa dan dapat hidup normal seperti layaknya anak lain.

Untuk menjaring pasien asma anak dan remaja dari keluarga prasejahtera, yayasan telah bekerjasama dengan berbagai puskesmas di berbagai wilayah di DKI Jakarta. Sejauh ini kegiatan ini mendapatkan donasi dari Ibu-Ibu Pengurus maupun masyarakat luas maupun lembaga/organisasi yang mempunyai kepedulian terhadap anak dan remaja dengan asma dan juga instansi pemerintah yaitu Kementrian Kesehatan RI. Khusus organiasi, sejak Januari 2010 Yayasan Kesetiakawanan dan Kepedulian Sosial Jakarta tercatat telah ikut berpartisipasi dalam program tersebut.