Tentang YAPNAS

YAPNAS - Yayasan Anak Penyantun Anak Asma Indonesia didirikan sejak tahun 1989, adalah sebuah yayasan di bidang kesehatan yang bertujuan meningkatkan pengelolaan dan penanggulangan anak/remaja dalam lingkungan keluarga dan masyarakat, sehingga dicapai kualitas hidup yang optimal.

SUDDHAPRANA berasal dari bahasa Sansekerta SUDDHA berarti bersih, suci, segar, tidak ternoda. PRANA berarti udara, nafas, suara, jiwa.

Jadi SUDDHAPRANA berarti nafas bersih (segar), udara (lingkungan) tak tercemar, jiwa yang suci bersih.



Arti dari Logo YAPNAS :

  • Sebuah lingkaran oval dengan gambaran seorang anak yang sehat dalam posisi berdiri di atas kedua kaki yang kokoh.
  • tangan merentang ke atas dengan tangan mengepal sebagai gambaran tekad untuk mencapai prestasi setinggi-tingginya di berbagai bidang.
  • Di bagian dada terdapat gambar dua helai daun yang bentuknya mirip paru-paru pada makhluk hidup. Kalau ada pepatah Taman adalah paru-paru kota dan Hutan adalah paru-paru negara yang menekankan betapa pentingnya lingkungan yang baik bagi tumbuh kembang anak-anak.
  • Dasar Logo berwarna putih yang berarti suci dan tidak tercemar, sedangkan gambar dan tulisan warna hijau yang menggambarkan lingkungan yang segar, subur, bagi tumbuh kembang anak

Untuk mendukung kegiatan, bersama FKUI RSCM Jakarta, YAPNAS telah membangun gedung Pusat Asma Anak Suddhaprana di RSCM.

Kegiatan bersifat informatif yang dilaksanakan diantaranya diskusi maupun ceramah mengenai Asma, perpustakaan sebagai fasilitas informasi mengenai Asma secara lengkap, konsultasi, serta advokasi baik kepada pemerintah maupun masyarakat.

Kegiatan lainnya adalah Asthma Camp, latihan bagi anak penderita Asma maupun keluarganya sebagai upaya pengenalan dan pengendalian asma, mengupayakan perlengkapan atau alat-alat penanggulangan asma anak, bakti sosial terpadu serta mengupayakan bantuan pengobatan bagi Anak Asma dari keluarga kurang mampu dan mengadakan sosialisasi ke sekolah-sekolah guna membantu para guru dan orang tua menghadapi masalah Asma Anak.

YAPNAS juga mengupayakan kerjasama dengan Perkumpulan sejenis di dalam dan luar negeri, serta terlibat secara aktif dalam penelitian mengenai asma anak.

Dalam menjalankan kegiatan, YAPNAS bekerja sama dengan berbagai pihak. Selain FKUI RSCM Jakarta, YAPNAS juga bekerjasama dengan dengan beberapa yayasan di bidang kesehatan, lembaga swadaya masyarakat, maupun media. Tentu saja dukungan terbesar adalah kemuliaan dan kemurahan hati para Dermawan.